Olimpiade Sains Mahasiswa

Kedengarannya akrab ditelinga ya? Bagi yang pernah ikut OSN pasti bertanya “Olimpiadenya kaya OSN?”. Yups, memang mirip sekali dengan OSN tingkat SMA, bedanya ini untuk mahasiswa, dan diadakan hanya di tingkat Yogyakarta. Iseng-iseng saya ikut daftar lomba dengan teman saya Wayan. Wayan ikut bidang kimia sedangkan saya ikut bidang komputer.

Pesertanya terhitung sedikit, hanya 25 orang. 9 orang dari UGM, tapi hanya saya yang dari Ilmu Komputer. Sisanya dari Teknik Elektro. Ternyata selain saya, ada juga peserta yang pernah ikut OSN. Salah satunya pernah meraih medali perak pada OSN 2004.

Umumnya pesertanya adalah mahasiswa semester 3 dan 5. Agak minder juga sih jadi peserta paling muda, masih semester 1. Sudah kepalang basah, “Rawe-rawe rantas, malang-malang putung!!!”.

Khusus untuk komputer, lokasinya berada di STIMIK Pelita Nusantara. Kompetisinya dibagi dalam 2 babak. Logika Algoritma 25 soal pilihan ganda selama 1 jam, dan Pemrograman menggunakan bahasa Pascal selama 3 jam. Dalam babak Pemrograman, peserta diberi 5 problem dan diharuskan membuat program sesuai problem yang diberikan, persis seperti OSN tingkat SMA.

Sayangnya, program tidak langsung dites dengan input oleh grader khusus, melainkan dicek secara manual oleh panitia. Rincian problem juga tidak jelas, misalnya tidak ditentukan berapa batasan memori dan batasan runtime programnya.

4 thoughts on “Olimpiade Sains Mahasiswa

  1. Praba mengatakan:

    ONS>>> ONS>>>

    masih produktif skali dikau, heheheh…

    btw dapet juara brapa???

  2. Riza mengatakan:

    hehehe, sebenernya aku gak niat ikut dari awal sih,
    tapi karena tradisi “pemburu hadiah” di kontrakanku, serta desakan Fajar, Wayan, Fandi & Janto, akhirnya aku ikut deh.
    Wayan ikut Kimia, Fajar ikut Biologi.

  3. gerry yulian mengatakan:

    haha.. kalo di jogja kebiasaan ga pake batasan tu sering :))

    aku dulu juga pernah, kodenya digrade pake mata :p dan lebih parahnya yg dinilai bukan algoritmanya tapi dekorasinya (user interface maksudnya).. haha..

    makanya, kamu & rombongan omah TI mu buatin dong acara yg keren😀

  4. Riza mengatakan:

    Ada kok, JOINT 2008 dan Insya Allah “Pelatnas TOKI II 2008”!!!

Tinggalkan Balasan

